Sign Up
My Muslim Friends Book - helps you connect and share with over 500,000+ Muslims in over 175 Countries.

Aplikasi Alkitab untuk Muslim dan Kristen Unitarian


Sumber Gambar: IG Lutfi Syarifudin


 


Bismillah Assalam o Alikum


 



اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَی مُحَمَّدٍ خَاتَمِ النَّبِيِّينَ وَ تَمَامِ عِدَّةِ الْمُرْسَلِينَ




Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas Muhammad, pamungkas segenap nabi dan rasul




وَ عَلَی آلِهِ الطَّيِّبِينَ الطَّاهِرِينَ وَ أَصْحَابِهِ الْمُنْتَجَبِينَ




dan keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang terpilih



 



Kristen adalah agama monotheis terbesar di dunia bersamaan dengan Islam dan Yahudi. Namun hanya Kristen yang memiliki doktrin Trinitas dan doktrin itu ditentang oleh Islam dan Yahudi sebab menodai prinsip keesaan Tuhan / Allah Rabb (bahasa Arab) / Elohim Yehuwa (bahasa Ibrani).




 




Apakah Doktrin Tritunggal Ada dalam Alkitab?


 


Bagaimana dengan "Ayat-ayat Bukti" untuk Tritunggal? 



Tidak semua agama itu benar, pasti hanya ada satu agama yang lebih benar dan sempurna. Tapi semua agama pasti mengajarkan hikmah dan moral yang baik, karena ia bersumber pada ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Untuk saudara-saudara Muslim, kita bisa mengambil hikmah dan ajaran-ajaran moral agama lain yang baik terutama dari Ahlul Kitab, namun kita buang yang bertentangan dengan ajaran agama kita yaitu Islam beserta Qur'an Suci pembaharu agama yang terdahulu.




 




Di sini saya akan membagikan sebuah aplikasi Alkitab multibahasa yang disertai bahasa aslinya yaitu Ibrani dan Yunani. Selain itu bisa ditambah dengan bahasa lain dengan mengunduh file pdb, seperti Jawa, Inggris, Melayu, dll. Namun bahasa Indonesia yang digunakan bukan dari versi Terjemahan Baru, karena versi Terjemahan Baru sudah menyeleweng dan menyesatkan orang awam dan non-Kristen yang ingin belajar tentang Ketuhanan dalam Kristen yang sebenarnya.




 




Mengetahui bahasa asli dari Kitab Suci sangatlah penting, sebab jika hanya mengandalkan terjemahan, maka pasti dapat tersesat karena kata-kata terjemahan bisa menyimpang dari yang dimaksud dalam bahasa aslinya. Kita juga harus memilih terjemahan yang lebih baik dan cocok, mendekati kebenaran aslinya, karena tidak semua terjemahan Alkitab itu objektif sebab terkadang digunakan untuk mendukung keyakinan dan pendapat kelompoknya sendiri.




 




Memang tidak semua terjemahan Alkitab itu sempurna, tetapi Terjemahan Baru LAI memiliki banyak kesalahan. Saya contohkan setidaknya 2 masalah sebagai berikut:




 




1. Mengenai Keharaman Semua Jenis Babi




 




Terjemahan Baru




Imamat 11:7  Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu.




 




Shellabear 2010


Imamat 11:7  babi, hewan yang berkuku belah (kukunya terpisah sama sekali) namun tak memamah biak, itu pun haram bagimu.




 




Terjemahan Dunia Baru


Imamat 11:7 Juga babi, karena walaupun berkuku belah dan membentuk celah, babi tidak memamah biak. Jadi, babi itu haram.




 




English Standard Version


Leviticus 11:7  And the *****, because it parts the hoof and is cloven-footed but does not chew the cud, is unclean to you.


 


Arab-Ibrani


Imamat 11:7




والخنزير. لانه يشق ظلفا ويقسمه ظلفين لكنه لا يجترّ. فهو نجس لكم.




 



וְאֶת־הַחֲזִיר כִּי־מַפְרִיס פַּרְסָה הוּא וְשֹׁסַע שֶׁסַע פַּרְסָה וְהוּא גֵּרָה לֹא־יִגָּר טָמֵא הוּא לָכֶם׃






 




Jadi, semua babi itu haram, biarpun itu adalah babi yang dipelihara. Apakah dengan penyelewengan dan penambahan kata hutan setelah kata babi ini pada TB, bermaksud untuk menghalalkan babi?




 




2. Masalah Yesus yang Dianggap Sama dengan Tuhan




 




Terjemahan Baru


Lukas 24:34  Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon. "




 




Shellabear 2010


Lukas 24:34  Mereka yang di Yerusalem itu berkata kepada keduanya, "Sungguh, Junjungan kita Yang Ilahi sudah bangkit! Ia sudah menampakkan diri-Nya kepada Simon!"




 




Terjemahan Dunia Baru


Lukas 24:34  yang berkata, ”Tuan memang sudah bangkit dan dia menemui Simon!”




 




English Standard Version


Luke 24:34  saying, "The Lord has risen indeed, and has appeared to Simon! "




 


Arab-Yunani


Lukas 24:34




ويَقُولُونَ: "بِالْحَقِيقَةِ قَامَ السَّيِّدُ مِنَ الْمَوْتِ وَظَهَرَ لِسَمْعَانَ."




 



λεγοντας οτι οντως ηγερθη ο κυριος και ωφθη σιμωνι





 





TB menggunakan kata Tuhan untuk mendukung doktrin Tritunggal, seperti yang diyakini kebanyakan Kristen pada umumnya kecuali Saksi-Saksi Yehuwa. Tuhan bangkit? Tuhan itu selamanya hidup kekal dan tidak mengalami mati-bangkit seperti makhluk. Terjemahan TB merendahkan Tuhan.




 




Adapun The Lord, Sayyid, Kurios, maupun Tuan tidak bisa diartikan sebagai Tuhan saja karena kata tersebut bisa bermaksud Tuhan atau manusia, tergantung konteksnya. Manusia boleh jadi Raja, tetapi Tuhan adalah Raja yang kekal untuk seluruh alam semesta. Terjemahan Shellabear dan Terjemahan Dunia Baru lebih logis.




 





Sumber Gambar: IG Lutfi Syarifudin


 




Oleh karena itu saya menyarankan baik bagi umat Muslim maupun Kristen, lebih baik membaca Alkitab dengan terjemahan Shellabear 2010 ataupun Terjemahan Dunia Baru milik Saksi-Saksi Yehuwa yang unitarian.




 





Yesus mengakui bahwa hanya kepada Allah yang bernama Yehuwa lah kita harus menyembah dan beribadat kepadaNya.Ini Yesus ucapkan di Matius 4:10. Jika kita membaca salinan aslinya, Yesus sedang menyebutkan nama Yehuwa sebagai satu-satunya pribadi yang harus disembah karena ia sedang mengutip Ulangan 6:13.




 




Yehuwa adalah nama khusus yang disucikan untuk Allah bagi orang-orang Bani Israil maupun sebagian penganut Kristen terutama Unitarian.




 





Sepertinya di dalam Islam tidak ada nama khusus untuk Tuhan. Adapun kata Allah sendiri dalam Arab artinya adalah Tuhan. Namun untuk mempersatukan umat Islam sedunia, maka digunakanlah nama Tuhan dari bahasa Arab yaitu Allah. Jadi, kita boleh menyebut Tuhan sebagai Gusti Allah, Yehuwa, Elohim, Sang Hyang Widhi Wasa, dan lain-lain karena itu semua bermaksud sama yaitu Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Semoga kita tetap berpegang teguh pada bukti keistimewaan Islam dan Qur'an Suci.




 




 




Sekilas tentang apa itu Saksi-Saksi Yehuwa




 




Sebuah denominasi Kristen non-Katolik yang berdiri di abad 20 berpusat di Brooklyn-New York, namun tidak juga menganggap kelompoknya sebagai Protestan, yg berbeda daripada Kristen arus utama. Mirip seperti Islam: menolak doktrin Trinitas, tidak memakai salib maupun patung, tidak merayakan Natal, dan meyakini hanya Satu Tuhan yang wajib disembah, yaitu Allah/Yehuwa. Mereka berusaha untuk kembali puritan seperti Kristen pada masa awal.




 




Prinsip-Prinsip yang Dipercayai Saksi-Saksi Yehuwa 



 




Saksi-Saksi Yehuwa tidak  menganggap Isa al-Masih / Yesus Kristus sama dengan Tuhan, namun hanya sebagai rasul agung yang diutus oleh Allah, yang menyandang gelar "Putra Allah" yang utama. Namun bukan hanya Isa yang bisa disebut "Putra Allah". Karena itu hanya gelar kiasan dan rohani, bukan arti yang sebenarnya.




 




Dalam pandangan saya, Saksi-Saksi Yehuwa, dan juga kaum Ebionit, masih lebih baik daripada mayoritas Kristen dan lebih mendekati kebenaran, meskipun mereka bukan kaum orthodox dan tidak mempercayai neraka namun kemusnahan abadi. Hal ini karena mereka menjaga prinsip keesaan Tuhan atau dalam Islam disebut dengan Tauhid, dari kesalahan doktrin palsu Tritunggal, sesuai dengan firman Allah dalam al-Qur'an:


 



 




يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لَا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ وَلَا تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ إِلَّا الْحَقَّ ۚ إِنَّمَا الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُولُ اللَّهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَىٰ مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ ۖ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ ۖ وَلَا تَقُولُوا ثَلَاثَةٌ ۚ انْتَهُوا خَيْرًا لَكُمْ ۚ إِنَّمَا اللَّهُ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ سُبْحَانَهُ أَنْ يَكُونَ لَهُ وَلَدٌ ۘ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ وَكِيلًا




(النساء:١٧١)



 


 


Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih 'Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) ruh dari-Nya. Maka, berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, "(Tuhan itu) tiga," berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Mahasuci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung.


[Wanita (an-Nisā'):171


 


O People of the Scripture! Do not exaggerate in your religion, and do not say about God except the truth. The Messiah, Jesus, the son of Mary, is the Messenger of God, and His Word that He conveyed to Mary, and a Spirit from Him. So believe in God and His messengers, and do not say, “Three.” Refrain—it is better for you. God is only one God. Glory be to Him—that He should have a son. To Him belongs everything in the heavens and the earth, and God is a sufficient Protector.


[Women (an-Nisā'):171]




 




SSY sering dituduh sesat oleh Kristen mayoritas. Namun sebuah kalimat bijak menyatakan bahwa belum tentu yang mayoritas itu benar karena kadang-kadang kesesatan bisa menyembunyikan kebenaran yang sejati.




 




SSY tidak pernah mendukung salah satu pihak. Tidak ikut dalam urusan politik dan sistem suatu negara, tidak ikut wajib militer, menghindari hormat bendera kecuali terpaksa, dan meyakini bahwa hanya sistem Kerajaan Allah dan Firdaus di bumi yang akan datang yang lebih baik daripada semua negara dan sistem dunia saat ini yang penuh ketidak adilan, arogansi, dan imperialisme.




Ini mirip dengan sekelompok umat Islam pendukung sistem khilafah yg disebut sebagai solusi terbaik untuk permasalahan dunia. Tapi SSY tak pernah berbuat gaduh atau memberontak karena mereka tetap sangat patuh dengan hukum negara dan pemerintahan sekular setempat di mana mereka tinggal. Demikian penjelasan singkatnya.


 


Saya simpatik dengan Saksi-Saksi Yehuwa dan juga Yahudi Neturei Karta yang anti-Zionis. Namun kita tetap bangga sebagai umat Islam, karena meskipun seandainya Ahlul Kitab tidak membuat suatu penyimpangan pun dari agama Allah, mereka tetap diperintahkan untuk memperbarui agamanya kepada Islam dan mempercayai Nabi Muhammad saw. Karena disebutkan di dalam al-Qur'an:



 




اِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللّٰهِ الْاِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ فَاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ




(ال عمران : ۱۹)



 


Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.


[Keluarga 'Imran (Āli `Imrān):19]



Religion with God is Islam. Those to whom the Scripture was given differed only after knowledge came to them, out of envy among themselves. Whoever rejects the signs of God—God is quick to take account.


[Family of Imran ('Āli `Imrān):19]



 





 





Sumber Gambar: IG Lutfi Syarifudin


 




Kembali pada tujuan semula, berikut ini adalah tautan unduhan aplikasi Kitab Suci Taurat, Zabur, dan Injil. Memang sebaiknya bukan orang Muslim awam yang membacanya kecuali orang Muslim berpendidikan tinggi yang mau mengkaji Alkitab, karena dikhawatirkan akan terpengaruh dan murtad dari kebenaran sejati warisan para Nabi yang telah diketahuinya yaitu Islam. Namun setelah tautan akan saya beri catatan tambahan menurut pendapat saya agar sesuai dengan pemahaman Islam. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan semoga bermanfaat!




 


 




Versi lama (multibahasa, bisa pasang berbagai bahasa terjemahan dengan format PDB/YES):Unduh di sini!


 


Versi baru (hanya bahasa Ibrani-Yunani dan terjemahan bahasa Arab dan Indonesia, tampilan menarik dan modern dengan dekorasi):


Unduh di sini!


 


Versi buku (Terjemahan Dunia Baru):


Unduh di sini!


 


 


Catatan Kaki Alkitab:


 


  Catatan Kejadian 1:1


السلام علیکم || שלום עליכם


 


Selamat membaca kitab suci Taurat, Zabur, dan Injil yang diturunkan sebelum al-Qur'an ini. Sekalipun kita sebagai Muslim percaya bahwa isi kitab suci ini tidak 100% otentik lagi, maka setidaknya kita bisa memetik hikmat, kisah teladan, dan ajaran moral yang terkandung di dalamnya. Karena hikmat dan ajaran moral sejatinya ada dalam semua agama, terutama agama-agama samawi. Yang terpenting adalah selama itu tidak bertentangan dengan kitab suci al-Qur'an dan Hadits Rasulullah ‌‌ﷺ, karena jika bertentangan dengan Islam agama tauhid yang sejati maka itulah yang kita tolak (Qur'an 3:19).


 


Terima kasih dan semoga bermanfaat! ߘ



  Catatan Kejadian 22:2


Merujuk kepada Qur'an Suci dan Hadits Rasulullah ‌‌ǯ׺, yang sebenarnya akan dikorbankan adalah Ismail, bukan Ishak. Namun kalangan dari Ahlul Kitab telah menyelewengkan kisah yang sebenarnya.


 


  Catatan Ulangan 18:19


Nubuat tentang kaum Yahudi jahat yang mengingkari kenabian Isa al-Masih as. dan Ahlul Kitab yang mengingkari kenabian Muhammad al-Mustafa saw.


 


  Catatan Yeremia 10:3


Peringatan untuk tidak mengikuti kebiasaan kaum kafir sekalipun dalam perayaan berkemasan agama seperti "Kelahiran Isa al-Masih" seperti kelompok arus utama. Tidak semua perayaan menyenangkan Allah.


 


  Catatan Matius 26:47


Sesungguhnya yang ditangkap untuk kemudian disalibkan adalah Yudas murid yang khianat yang telah diserupakan dengan Isa al-Masih, bukan Isa al-Masih sendiri yang telah diangkat Allah ke hadirat-Nya (Qur'an 4:157). Silahkan membaca, yang penting tidak mempercayai apa yang bertentangan dengan Qur'an Suci.


 


  Catatan Matius 28:19


Apakah ayat ini menyatakan bahwa Allah, Kristus, dan roh kudus membentuk suatu Keilahian Tritunggal, bahwa ketiganya sama dalam bentuk, kekuasaan, dan kekekalan? Tidak, tidak demikian, sama halnya menyebutkan tiga orang, seperti Amir, Budi dan Bambang, tidak berarti bahwa mereka tiga dalam satu.


 


Ibrahim, Ishak, dan Yakub banyak disebutkan bersama-sama, tetapi hal itu tidak membuat mereka menjadi satu. Rasul Petrus, Yakub, dan Yahya disebutkan bersama-sama, tetapi itu tidak membuat mereka menjadi satu juga. Lagipula, roh Allah turun ke atas Isa pada saat pembaptisannya, yang menunjukkan bahwa sebelum itu Isa tidak diurapi dengan roh.


 


  Catatan Markus 15:34


Hati-hati! Ayat ini belum tentu benar karena tidak mungkin bagi Allah untuk meninggalkan Nabi dan Rasul-Nya. Lagipula sesungguhnya Isa tidak disalib (Qur'an 4:157).


 


  Catatan Lukas 24:19


Ayat ini adalah bukti bahwa Isa Al-Masih hanyalah seorang nabi sama seperti para nabi yang lain. Namun kedudukan Isa adalah salah satu yang paling mulia.


 


  Catatan Lukas 24:34


"Junjungan kita yang Ilahi".


Maksudnya adalah Isa al-Masih merupakan salah satu rasul dan manusia sempurna dengan sifat-sifat Ilahi, tetapi harus diingat bahwa dia bukan Ilahi itu sendiri.. Sifat-sifat Ilahi adalah sifat-sifat penuh kebaikan, kebijaksanaan, dan kemuliaan yang ada pada manusia secara relatif. Sedangkan Allah adalah Tuhan Yang Maha Baik.


 


  Catatan Yahya 1:25


Nubuat yang lolos dari penyembunyian kebenaran oleh kalangan dari Ahlul Kitab.


 


Al-Masih= Isa


Nabi yang Akan Datang= Muhammad


 


Catatan Yakub 2:21


Merujuk kepada Qur'an Suci dan Hadits Rasulullah ‌‌ﷺ, yang sebenarnya akan dikorbankan adalah Ismail, bukan Ishak. Namun kalangan dari Ahlul Kitab telah menyelewengkan kisah yang sebenarnya.


 


Catatan Wahyu 1:18


Hati-hati! Ayat ini belum tentu benar karena hendak menyamakan al-Masih dengan Tuhan. Tritunggal tidak pernah diajarkan oleh Kitab Suci maupun orang Kristen generasi awal.


 


 


Berkas cadangan catatan dan sorotan.

Captcha Challenge
Reload Image
Type in the verification code above